Cara Membuat format Mata Uang Rupiah di Microsoft Excel

Microsoft Office Exel merupakan suatu program aplikasi lembar kerja (spreadsheet) yang memiliki fitur berbagai jenis kalkulasi dan pembuatan grafik. Program tersebut juga mengolah berbagai macam pengolahan angka yang lain, seperti penyusunan data, memproyeksikan, menganalisis dan mempresentasikan data dalam bentuk illustrasi yang profesional. Secara khusu dengan menggunakan Exel untuk melacak data, membangun model untuk menganalisis data, menulis rumus untuk melakukan perhitungan pada data itu, memprotes data dalam berbagai cara dan menyajikan dalam bentuk grafis. 

Lembar keja dalam Microsoft Excel dalam satu sheet terdiri dari 256 kolom (columns) dan 65536 baris (rows). Kolom ditampilkan dalam tanda huruf A, B, C dan berakhir pada kolom IV. Sedangkan baris dilambangkan dalam bentuk angka 1, 2, 3 dan berakhir pada 65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell), misal, pada perpotongan kolom B dengan baris ke 5 disebut sel B5. Dan sel yang bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif.

Salah satu fungsi Microsoft Excel adalah untuk membuat laporan keuangan di suatu organisasi maupun perusahan dengan menggunakan operasi matematika seperti penjumlahan, perkalian, pengaurangan dan adapun membuat nominal uang yang kita tulis dengan angka di depan nya mata uang nya. seperti (RP) Jika kita menambahkan "Rp" dan titik di dalam kotak nominal uang terebut secara manual, maka operasi matematika tidak bisa dilakukan.

Untuk mengatasi masalah tersebut pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat rupiah ( Rp) atau menuliskan mata uang rupiah secara otomatis di Microsoft Excel, namun kita tetap bisa melakukan penjumlahan atau operasi matematika. Bagaimana cara mengganti format rupiah di Excel 2003, 2007, 2010, 2013 dan 2016? Silakan kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Memformat Mata Uang Rupiah di Mc.Exel

Langkah Pertama :

Pilih aplikasi yang ada di desctop anda dengan Klik Microsoft Exel untuk memulai melakukan pekerjaan menggunaka Microsoft Exel


Langkah Kedua : 
Tulislah semua kata ataupun kalimat yang sudah dirancang dan ketik tulisan sesuai yang di inginkan. Contoh yang ada pada gambar. Buat Nama barang dan harga terebut dengan angka biasa tanpa menggunakan (RP). Jika sudah mengetik semua kalimat yang di inginkan, Langkah selanjutnya 


Langkah Ketiga : 

Langkah selanjutnya adalah kalimat yang ada angka dengan nomial uang tersebut lalu di Bold beberapa bagian Cell nya. yang terlihat di gambar Klik D2-D4 maka cell tersebut telah di Bold. 


Langkah Keempat :
Untuk langkah selanjutnya adalah Klik Kanan 

Langkah Kelima : 
Setelah klik kanan maka muncul beberapa pilihan dan anda harus memilih Format Cells.. dan klik pilihan tersebut maka akan mucul di langkah ke enam.

Langkah Keenam :
Untuk langkah selanjutnya akan muncul beberapa pilihat dibagian atas nya, maka pilih Number . di bagian Number ada beberapa pilihan, maka pilih Currency, Di Bagian nya ada tulisan Symbol.


Langkah Ketujuh : 
Langkah selanjutnya Klik Symbol dan Pilih bagian (RP) setelah itu pilih OK. Maka mucul lah RP nya di angka nominal uang tersebut. 


Langka Kedelapan : 
Pada hasil di atas, simbol mata uang Rp nampak tergabung dengan angkanya. Untuk membuat simbol itu terpisahkan spasi, dengan format angka nominalnya rata kanan sedangkan simbol mata uangnya rata kiri, maka caranya adalah:
Pilih Costum disana sudah ada pilihan maka pilih urutan yang ke 9 dengan simbol : 
Salah satu Kode nya _(Rp* #.##0_);_(Rp* (#.##0);_(Rp* "-"_);_(@_)


Cara Menghapus Pemformatan Mata Uang
Jika kamu ingin menghapus format mata uang atau ingin mengembalikannya ke bentuk semula, bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Blok semua kotak yang ingin dihapus format mata uangnya
2. Klik kanan pada area yang diblok tadi, pilih Format cells
3. Pada tab Number pilih General dan klik Ok


Itulah tutorial tentang Cara Membuat Format Mata Uang (Rp) di Microsoft Excel yang bisa kamu coba dalam pembelajaran MS Excel kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu terutama bagi kamu yang baru belajar MS Excel dari dasar. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, jangan lupa tulis komentarmu pada kolom komentar di bawah ini.
*** Fandi Media ***

0 Response to "Cara Membuat format Mata Uang Rupiah di Microsoft Excel"

Post a Comment