JURNAL EFEKTIVITAS PENERAPAN INTERNET MARKETING 4.0 DENGAN MODEL EPIC TERHADAP PEMESANAN TIKET TRAVEL PEKANBARU DURI DUMAI

LATAR BELAKANG 

 PENELITIAN  PENERAPAN INTERNET MARKETING UNTUK PEMESANAN TIKET TRAVEL PEKANBARU DURI DUMAI DI PT. JASA MULYA TRANS GEMILANG


Perkembangan Teknologi saat ini merupakan bagian dari Revolusi Industri  4.0 yang dibangun di atas Revolusi Digital. Teknologi di era Revolusi Industri 4.0 memberikan dampak positif dan negative diberbagai sektor. Salah satu sektor yang sangat jelas terkena dampak Revolusi Industri 4.0 adalah sektor bisnis.

Revolusi Industri 4.0 dalam sector bisnis sudah tampak nyata memberikan dampak  yang positif pada pelaku bisnis. Sekitar 20 tahun yang lalu belum ada yang namanya perusahaan seperti Google, Facebook, Alibaba, Twitter, Youtube, Uber, Go-jek, Bukalapak, dan Tokopedia. Beberapa Perusahaan Raksasa tersebut lahir karena dampak positif dari Revolusi Industri 4.0.

Internet memiliki peran penting pada Revolusi Industri 4.0. salah satu yang menandai lahirnya Revolusi Industri 4.0 adalah Internet of Think (IoT). Secara  sederhana Internet of Think adalah konsep yang pada intinya menghubungan perangkat apapun dengan tombol on off ke Internet. Perangkat yang dimaksud misalnya ponsel, mesin pembuat kopi, mesin cuci, lampu, perangkat yang dikenakan tubuh dan semacamnya. Ini juga berlaku untuk komponen mesin, misalnya mesin jet pesawat terbang atau bor dari rig minyak. (1)

Data terakhir Juli 2018 dalam Revolusi Industri 4.0, Pertumbuhan pengguna Internet di dunia setiap tahunya sekitar 7 %. Empat miliyar pengguna internet di dunia adalah 53% dari total populasi Dunia. Sedangkan pengguna Internet Indonesia lebih dari 130 juta penggunat. Jumlah ini termasuk peringkat ke enam di dunia. Pertumbuhan Internet di Indonesia mencapai lebih 20 % per tahun. Angka ini akan bertambah setiap tahunya. Karena itu, pemasaran melalui internet (Internet Marketing) semakin terbuka lebar.

Strategi mempromosikan produk melalui perangkat elektronik dan internet ini disebut dengan Digital Marketing. Dan bagian khusus yang mempromosikan produk di internet seperti website dan media social seperti instagram, facebook, twitter, line, whatsapp dan lainya ini disebut dengan Internet Marketing.

Di Pekanbaru sendiri pemanfatan internet marketing  sudah cukup baik, perusahaan kecil seperti UMKM hingga perusahaan besar otomotif sekelas Toyota juga ikut berperan aktif dalam dunia internet marketing. Toyota di Pekanbaru pada tahun 2019 telah memiliki lebih dari 6 Website yang mana 4 diantarnya sudah berlangganan dengan Iklan berbayar Google Ads.  Hari ini dibidang Jasa dan layanan banyak sekali UMKM di Kota Pekanbaru yang memanfaatkan Internet marketing sebagai prioritas utamanya, seperti Jasa Cuci Helm Online Go Helmet Pekanbaru, Jasa Reparasi Sepatu Dr Sepatuku Pekanbaru.

Dan Salah satu perusahaan yang memanfaatkan internet marketing dibidang Jasa Transportasi adalah Jasa Mulya Travel dibawah naungan PT. JASA MULYA TRANS GEMILANG.  Jasa Mulya ini adalah perusahaan jasa Travel angkutan penumpang antar jemput antar ke alamat, yang telah berjalan sejak tahun 2018 dengan rute Pekanbaru Duri Dumai. Perusahaan ini hadir dari hasil pemanfaatan secara maksimal Teknologi informasi Internet marketing.

JASA MULYA Travel telah memiliki satu website Induk yaitu jasamulyatravel.com dan beberapa website dan blog pendukung yang berada di Top Rank search engine terpopuler diantaranya Google, Bing, dan Yahoo. Selain website PT. Jasa Mulya Trans Gemilang juga memiliki dua akun media social utama yaitu facebook dan instagram yang terkelola dengan baik. Selain Pemanfaatan Internet Marketing  Gratis PT. Jasa Mulya Trans Gemilang juga memanfaat Program Internet Marketing berbayar Google Ads untuk penunjang Promosi.

Atas dasar tersebut penulis tertarik untuk meneliti seberapa efektifkah  pemanfaatan internet marketing di  PT. JASA MULYA TRANS GEMILANG Travel Angkutan Antar Jemput Alamat rute Pekanbaru Duri Dumai.




*** Fandi Media ***

0 Response to "JURNAL EFEKTIVITAS PENERAPAN INTERNET MARKETING 4.0 DENGAN MODEL EPIC TERHADAP PEMESANAN TIKET TRAVEL PEKANBARU DURI DUMAI"

Post a Comment