Cara Cepat Perkalian dan Pembagian di Excel - Microsoft Excel

 

Untuk kamu yang sehari-harinya melakukan pekerjaan yang penting di depan komputer/laptop , ataupun kamu yang ingin melakukan dan mengerjakan tugas kamu pasti sering menggunakan excel, karena dengan microsoft excel tugas atau pekerjaan kamu akan dapat diselesaikan dengan lebih mudah , nah kali ini mimin fandimedia akan memberikan informasi penting nih yaitu rumus perkalian dan pembagian di microsoft excel, jadi dengan cara ini atau rumus ini kamu akan lebih cepat dalam mengerjakan pekerjaan kamu lhoo , yuk simak caranya .

1.Buka dan Gunakan Aplikasi Microsoft Excel

Tentu saja kamu harus membuka dulu aplikasi microsoft excelnya karena kita sedang membahas microsoft excel , kalo mau buka microsoft word nanti saja ya di pembahasan yang lain haha, oh iya microsoft kali ini mimin menggunakan excel 2013 ya kamu bisa juga kok menggunakan series excel yang lain , yang penting microsoft excel juga sih .

Nah setelah kamu membuka aplikasi ms excelnya , kamu bisa bikin data dulu nih buat jadi sampel perkalian  dan pembagian  nantinya ,atau kamu juga sudah ada data yang memang ingin di kalikan  atau di bagi yaudah buka aja filenya, setelah data-datanya siap kamu bisa memulai rumusnya dan kamu bisa mencobanya, dijamin jadi lebih cepat dan lebih mudah deh.


2.Cara Perkalian ( Rumus Perkalian)
Nah pertama-tama mari kita mulai dari rumus perkalian terlebih dahulu, caranya yaitu setelah kamu menyiapkan data-data yang ingin kamu kalikan, kamu bisa siap untuk menggunakan rumusnya, disini mimin contohnya dengan meletakkan kursor di jumlah sebelah kanan karena untuk tempat hasil perkaliannya , nah setelah di klik di tabel jumlah , kamu ketik sama dengan (=) setelah itu kamu bisa klik Data A dari Aseptia, nah setelah kamu klik Data A nya kamu ketik bintang (*) yang ada di angka 8 keyboard kamu biasanya disitu , setelah ketik (*) kamu klik lagi deh Data B nya , nah setelah jadi rumusnya seperti itu kamu bisa tekan enter dan keluar deh hasilnya , kira-kira rumusnya jadi begini (=E3*F3) dan jadi deh , nah setelah itu untuk data selanjutnya akan lebih mudah nih karena rumusnya udah di masukkan, caranya yaitu kamu arahkan kursor mouse kamu ke pojok kanan bawah dari hasil perkalian pertama tadi sampai mouse kamu berubah menjadi tanda plus (+) hitam gitu , nah setelah itu kamu tarik deh kebawah sesuai tabelnya dan jadi deh semuanya .

Nah begitu rumusnya dan hasilnya akan muncul seperti dibawah ini.


Nah udah jadi kan , rumusnya selesai dengan cukup mudah bukan , untuk selanjutnya seperti yang mimin katakan tadi kamu bisa arahkan kursor mouse kamu ke bawah kanan sampai muncul tanda plus(+) hitam dan tarik kebawah sesuai tabelnya maka hasilnya akan keluar semua deh .

Nahh selesai dehh jadi kan hahah , begitulah caranya perkalian di microsoft Excel.


3.Cara Pembagian Excel ( Rumus Pembagian)

Nah setelah tau cara dan rumus perkalian, sekarang kita masuk ke rumus pembagian nih, untuk pembagian itu juga cukup mudah, gak jauh-jauh banget lah dari caranya dari perkalian tadi , caranya begini kamu klik di tab jumlah untuk hasilnya ,kamu ketik sama dengan (=) lalu kamu klik Data A si Aseptia setelah itu ketik garis miring (/) lalu klik lagi Data B nya Aseptia , setelah itu enter dan jadi deh hasil pembagiannya kira-kira rumusnya akan seperti ini (=E3/F3) dan hasilnya akan seperti di bawah ini.

Rumusnya akan seperti di atas dan hasilnya akan seperti di bawah ini , kamu tinggal tarik aja lagi deh ke bawah dan semua hasil pembagiannya akan muncul sesuai data yang di sebelah kiri sebelumnya.

Nah begitulah teman-teman gimana sih caranya rumus perkalian dan pembagian di excel, semoga bermanfaat ya dan pasti pekerjaan atau tugas kamu jadi lebih cepat selesai dengan rumus yang bermanfaat ini.

(L.Ahm)

Kamis, 10 Februari 2022


*** Fandi Media ***

0 Response to "Cara Cepat Perkalian dan Pembagian di Excel - Microsoft Excel"

Post a Comment