Pengenalan Isi Dari Res Drawable,Layout, dan values - Tutorial Android Studio #2

 

Halo semuanya, marhaban ya ramadhan , selamat menunaikan ibadah puasa ya,nah disini yuk kita melanjutkan pembelajaran tentang tutorial android studio kita , android studio adalah suatu aplikasi software yang berguna untuk membuat aplikasi mobile,disini mimin juga masih belajar yaa jadi mohon di maklumi saja jika masih ada kesalahan dalam penyampaian nantinya, nah di android studio memiliki berbagai macam component dan bagian-bagiannya , dimana memiliki fungsi-fungsinya masing-masing, waktu kemaren kita sudah membahas bagian yang mainactivity.java dan activity_main.xml nya, disini kita akan membahas sedikit lebih detail lagi pada bagian component lainnya,skuy di simak pembahasannnya.

1.Isi dari Res

Res ini berisi bermacam-macam component yang bisa kita edit dan kita modifikasi sesuka kita, namun dalam res ini lebih terfokus ke ui/ux atau design tatap mukanya ,jadi di dalam res inilah file yang akan kita edit-edit nantinya begitu. Di dalam Res terdapat 5 component didalamnya ,yaitu drawable,layout,mipmap,values,themes.

2.drawable
nah didalam drawable ini berisi component component gambar,dimana kita bisa memasukkan image atau gambar pada aplikasi kita nanti biar makin cantik dan keren,nah tempat untuk menyimpan gambarnya ya di drawable ini.Kamu juga bisa memasukkan icon icon yang berguna untuk melengkapi tampilan kamu,misalnya icon password seperti pada tampilan login akun yang biasanya di buat,nah icon-icon yang seperti itu biasanya ada di dalam android studio itu sendiri, nanti di next pembahasan kita akan membahas isi dari icon-iconnya ya.

3.layout
nah di dalam layout ini merupakan tempat templatenya ,atau wadah untuk mengedit dan memodifikasi serta membuat desain tampilan layar kita, dan isinya yaitu activity_main.xml , dan bisa di tambah sesuai kebutuhan tiap-tiap layar yang mau dipindahin nantinya.Jadi wadah untuk mengeditnya ya di layout ini.
4.mipmap

Kalau pada bagian mipmap ini biasanya jarang digunakan karena kita biasa menggunakan component lainnya ,jadi component mipmap ini tidak perlu terlalu di ganggu gugat ya.
5.values
nah pada component values ini berisi colors dan strings.xml , pada colors ini kita bisa mengganti warna-warna component kita, misalnya mengganti warna button yang semulanya ungu , bisa mengganti warnanya jadi hijau dengan menekan tombol warna yang ada di sebelah kiri templatenya ataupun mengganti id atau nama panggilannya.sedangkan pada Strings.xml itu berguna untuk menyimpan data Strings yang  telah dibuat di layout,gunanya untuk memudahkan memanggil komponen lainnya nanti.

6.themes

Nah pada component themes ini sebenarnya hampir sama seperti di mipmap, dimana kita jarang mengotak atik komponen ini karena memang tidak terlalu berpengaruh ,jadi untuk komponen ini di abaikan saja ya .

Nah begitulah pengenalan isi component dari Res ,terdiri dari 5 component, tapi yang sering kita pakai yaitu drawable,layout,dan values karena ketiga komponen itu merupakan komponen intinya dan komponen penting.Semoga bermanfaat ya.

(L.Ahm)
Kamis,7 April 2022

*** Fandi Media ***

0 Response to "Pengenalan Isi Dari Res Drawable,Layout, dan values - Tutorial Android Studio #2"

Post a Comment