5 Tips Memilih Laptop Bagi Pelajar Atau Mahasiswa yang Baik Pada Tahun 2022 !

 
Laptop sudah merupakan device atau  komponen yang sangat diperlukan untuk saat ini karena bukan hanya untuk melakukan kegiatan bermain game atau gaming, namun juga bisa untuk melakukan berbagai pekerjaan dan hal yang bisa dilakukan pada sebuah laptop, terlebih lagi dengan adanya laptop jadi lebih memudahkan pengguna untuk membawa laptop kemana-mana sehingga dapat memudahkan dalam melakukan pekerjaan ataupun tugas sekolah dan tugas kuliah, memang peran laptop sangat berperan penting dalam kehidupan pelajar atau mahasiswa hingga saat ini.

Pada era digital yang semakin maju ini, laptop semakin diminati dan diperlukan oleh banyak kalangan dari anak muda hingga yang tua atau sedang bekerja, karena dengan adanya laptop semua kegiatan jadi lebih mudah untuk dilakukan, terlebih lagi laptop ukurannya kecil ringan dan mudah dibawa kemana saja.Namun perlu kamu ketahui bahwa kamu harus memperhatikan beberapa aspek ketika ingin membeli laptop baru ataupun laptop second, agar tidak menyesal dan performa yang didapatkan setimpal dengan harga yang kamu berikan, nah tenang saja disini kita akan memberikan tips dalam memilih laptop yang tepat dan baik terutama bagi pelajar atau Mahasiswa.

1.Perhatikan Harga yang terjangkau

Yap tentunya jika ingin membeli laptop tentunya harus memperhatikan harganya, dan tentunya kita juga menginginkan laptop yang spesifikasinya sudah lumayan kuat namun harganya juga terjangkau bukan? nah hal ini perlu di perhatikan agar tidak salah beli dan tidak mendapatkan kerugian karena membeli laptop yang terlalu mahal namun spesifikasinya kurang bagus, karena kita memfokuskan pada range pelajar, nah harga yang paling cocok ialah 6 juta keatas , tepatnya 6jt-9jt, dengan range harga segitu kamu sudah bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang cukup bagus dan bisa di gunakan dalam jangka panjang.

2.Perhatikan Prosessornya

Prosessor merupakan inti atau otak dari sebuah laptop, jadi kamu perlu memperhatikan prosessor laptop yang ingin kamu beli itu sudah bagus dan terbaru atau belum, jangan sampai salah pilih yah harus pilih prosessor yang bagus dan pas untuk kamu jika budget terbatas seperti mentok 5 juta masih bisa menggunakan prosessor celeron, namun jika ditambahkan sedikit di range 6 jutaan keatas kamu sudah bisa mendapatkan prosessor i3 gen 11 yang performanya jauh lebih bagus. Nah tips dalam memilih prosessor ialah :

  • Pilihlah prosessor dengan core yang banyak, namun karena mencari harga yang terjangkau bisa memilih variant i3 atau ryzen 3 juga sudah cukup.
  • pilihlah prosessor yang merupakan generasi keluaran terbaru, nah karena sekarang sudah tahun 2022 dan prosessor gen 12th itu masih tinggi dan mahal, untuk sekarang prosessor dengan gen 11th juga sudah cukup kencang kok.
  • Carilah prosessor minimal i3 gen 10 keatas, atau kalau bisa langsung i3 gen 11 saja karena perbedaannya tidak terlalu jauh
  • bisa juga mencari prosessor dengan seri amd ryzen 3 3000 series, 4000, atau 5000 series yang terbarunya maka itu sudah cukup untuk kebutuhan kuliah.
  • bonus jika bisa mendapatkan vga card tambahan, namun terkadang laptop dibawah 10jt belum mendapatkan vga card atau gpu tambahan, tetapi tidak apa-apa karena jika kebutuhan kuliah saja hal tersebut tidak terlalu berdampak besar.
inti dari prosessor ialah usahakan untuk mencari generasi terbaru karena performanya lebih baru dan lebih di upgrade, untuk tahun 2022 prosessor generasi 10 keatas adalah pilihan terbaik.Inti dalam melihat prosessor ialah jika dalam seri intel contohnya, i3 gen 10 ialah i3 generasi keluaran tahun 2020, i3 gen 9 ialah generasi keluaran tahun 2019, dan begitu seterusnya jadi semakin rendah angka maka akan menurun tahunnya dan performanya lebih turun.

3.Pilih Ram Minimal 4GB ke atas

Carilah laptop dengan variant ram 4GB keatas agar performa laptop jadi lebih baik, bisa menggunakan ram 2gb namun terlalu sesak karena keperluan digital sekarang besar-besar, jika bisa carilah yang menyediakan langsung ram dengan variant 8GB RAM. Posisi RAM pada laptop sangatlah berpengaruh pada performa kecepatan laptop, karena laptop sering digunakan dalam berbagai keperluan sekaligus seperti membuka google browser, aplikasi word, aplikasi meeting, dan aplikasi-aplikasi lainnya secara sekaligus, dengan mempunyai ram yang besar maka performa akan jadi lebih stabil.

4.Gunakan Storage penyimpanan SSD

Pada tahun 2022 ini rata-rata laptop sudah mengeluarkan seri storage SSD NVME, dimana kecepatannya lebih cepat dari HDD dan juga HDD sebenarnya sudah ketinggalan zaman untuk digunakan, meski masih bisa digunakan tetapi hanya untuk storage tambahan, jika untuk OS atau windowsnya bisa menggunakan SSD, dengan begitu kecepatan laptop mu akan jadi lebih meningkat dan tidak lelet.

5.Perhatikan Layar yang bagus, minimal Layar IPS HD atau FHD

Laptop pelajar atau mahasiswa sering dikeluarkan dengan menggunakan layar panel TN atau IPS. Layar TN adalah layar yang lebih murah namun kualitas yang diberikan kurang bagus dan buram serta biasanya di padukan dengan resolusi HD saja, Disarankan carilah laptop yang menggunakan layar IPS FHD (1920x1080) agar kualitas layar lebih tajam dan enak dipandang mata.Namun jika budget terbatas membeli layar laptop TN juga tidak masalah yang penting masih tetap menampilkan gambar, untuk ukuran laptop juga disesuaikan mau ukuran kecil 12-14 inch ataupun yang besar 15,6 inch semuanya tergantung selera anda saja.

Nah begitulah 5 Tips dalam memilih laptop yang baik dan benar terutama bagi pelajar dan mahasiswa, karena mahasiswa biasanya tidak terlalu memerlukan performa laptop yang kencang, dan harga yang terjangkau dari 6 juta keatas sampai 10 jt atau di bawah 10 jutaan itu sudah cukup untuk mahasiswa, kecuali mungkin untuk mahasiswa desain grafis atau teknik informatika dan semacamnya, bisa mencari laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi ditambah GPU tambahan, namun untuk spesifikasi i3 Gen terbaru atau I5 gen terbaru juga sudah cukup untuk menunjang tugas-tugas dan pekerjaan sehari-hari.

(L.Ahm)
Kamis, 18 Agustus 2022


*** Fandi Media ***

0 Response to "5 Tips Memilih Laptop Bagi Pelajar Atau Mahasiswa yang Baik Pada Tahun 2022 !"

Post a Comment