Apa Maksud dari Intel Atau Ryzen Seri U dan F? Berikut Penjelasannya Agustus 2022!

 
Apasih maksud dari Intel atau Ryzen Seri U dan seri F? Apakah kamu pernah atau sering mendengarnya? seperti Intel I3-12100F dan Ryzen 5 5500U, maksud dari Kode Huruf U dan F itu apa sih ya? padahal kan setau kita kalau intel seri 12100 an ya itu seri terbaru yaitu seri i3 Gen 12 tetapi kenapa ya ada huruf F di belakangnya apa ada maksud tertentu ya ? yap tentu saja ada maksud tertentu nah disini kita akan membahas hal tersebut yaitu tentang seri prosessor dengan kode huruf F atau seri dengan huruf U.

Prosessor merupakan komponen yang penting yang terdapat pada sebuah perangkat komputer maupun laptop, prosessor dijadikan sebagai otak dari sebuah perangkat hardware dimana fungsinya untuk menjalankan berbagai kegiatan komputasi dan untuk menjalankan berbagai aplikasi-aplikasi yang ingin dijalankan dimana jika semakin tinggi seri prosessor dan generasinya juga semakin terbaru, maka kecepatan yang diberikan oleh prosessor juga akan lebih tinggi dan lebih meningkat.

Seiring berjalannya waktu prossessor yang saling bersaing yaitu prosessor dari intel dan AMD Ryzen semakin meningkat terus menerus, yang mana jika intel berhasil mengeluarkan seri generasi prosessor dari gen 1 hingga sekarang gen 12, begitu pula pada AMD Ryzen yang berhasil mengeluarkan unit prosessor Ryzen 3000 series, 4000 series, 5000 series yang terbaru sekarang, dan 6000 series yang sedah berlangsung saat ini.

Nah Ketika banyak munculnya prosessor prosessor yang semakin gahar dan mumpuni, terdapat pembagian kode-kode di dalam tiap prosessor yang di rilis tersebut. Mulai dari seri Kode K, H, Q, F, U, G dan masih banyak lagi lah pokoknya. Namun kali ini kita akan lebih terfokus pada dua seri kode yaitu seri kode F dan kode U, yuk simak pembahasannya.

1. Apa Maksud dari Kode Prosessor Seri F?

Terdapat seri prosessor pada intel seperti intel i3 gen 11F, i3 gen 12F, i5 gen 11F , dan seterusnya hingga saat ini. Nah sebenarnya prosessor seri F ini biasanya sering terdapat pada hardware komputer atau pc, yakni maksudnya ialah Huruf F merupakan sebuah tipe prosesor yang di dalamnya tidak memiliki kartu grafis atau VGA. 

Jadi harga yang diberikan cenderung lebih murah namun jika kamu ingin memiliki performa komputer yang lebih kencang tentunya kamu harus membeli VGA tambahan agar lebih cepat dalam segi performanya.Jika menggunakan prosesor dengan huruf F di belakangnya, kita perlu siapkan budget untuk membeli sebuah VGA agar komputer dapat berjalan dengan baik.

Nah pada Intinya Intel atau Ryzen dengan Seri F ialah prosessor yang tidak memiliki kartu grafis atau VGA card bawaan sehingga harganya jadi lebih murah , namun meskipun begitu terkadang kamu juga harus membeli VGA tambahan agar kecepatan CPU dan GPU nya jadi jauh lebih meningkat.

2. Apa Maksud dari Kode Prosessor Seri U?

Beralih ke segmen Seri selanjutnya yaitu prosessor Seri U, Seperti kita ambil contoh dari intel i3 gen 12U atau dari Ryzen 5 5500U, nah maksud dari seri U ini ialah Ultra Low Power yang mana menggunakan daya atau power yang rendah dan hemat, dan perlu di ingat biasanya seri U ini sering di jumpai pada hardware laptop, tepatnya pada seri ultrabook atau laptop-laptop kantoran yang ringan namun tetap powerful.

Maksud dari Ultra Low Power ini ialah memberikan performa yang normal atau cukup tinggi namun hanya menggunakan daya yang minim atau sedikit sehingga potensi kinerja baterai laptop atau ultrabook bisa lebih bertahan lama dan lebih terfokuskan dalam segi hemat daya yang mana seri laptop ini sangat cocok untuk para pekerja kantoran yang selalu ingin membawa laptopnya kemana-mana dan membutuhkan baterai yang hemat daya namun tetap memberikan performa yang cukup mumpuni.

Nah begitulah Maksud dari prosessor dengan Seri U dan Seri F, yang mana jika Seri U itu biasanya terdapat pada hardware laptop atau ultrabook dan di fokuskan dalam memberikan performa yang kuat tetapi tetap mengandalkan performa yang hemat daya sehingga baterai dari laptop jadi lebih awet, untuk prosessor dengan seri F ialah prosessor atau chipset yang tanpa vga card tambahan dan harganya cenderung lebih mudah, namun tetap saja kamu juga memerlukan VGA card tambahan agar bisa memberikan performa yang lebih powerful kepada PC komputer kamu, Semoga bermanfaat ya.

(L.Ahm)

Kamis,11 Agustus 2022

*** Fandi Media ***

0 Response to "Apa Maksud dari Intel Atau Ryzen Seri U dan F? Berikut Penjelasannya Agustus 2022!"

Post a Comment