Perbedaan RAM Hp dan RAM PC

kamu harus tau Perbedaan RAM dan ROM pada smartphone dan Komputer ..!!! 😎☝



pada awal nya kita hanya mengetahui ram tetapi tidak mengetahui apa itu Ram dan Rom . Baik RAM maupun ROM sama–sama menunjukkan kemampuan atau spesifikasi yang dimiliki dari komputer, laptop atau smartphone. Akan tetapi, baik RAM atau ROM memiliki perbedaan yang signifikan dari segi fungsinya. Salah dalam memahami RAM dan ROM dapat membuat kamu salah memilih spesifikasi untuk laptop atau smartphone.

baiklah mari kita bahas apa itu ram ? dan apa itu rom?.....


                          

Ram_

RAM atau Random Access Memory merupakan hardware yang terdapat di dalam perangkat gadget seperti komputer, laptop, dan smartphone. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dan hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. 

Secara awam, RAM dapat dipahami sebagai perangkat atau modul yang berfungsi agar komputer atau smartphone tidak lemot. Semakin tinggi atau besar RAM, maka perangkat dapat beroperasi dengan mudah dan cepat. oleh karena itu Kapasitas RAM di dalam suatu perangkat sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data di perangkat tersebut. Sehingga kegiatan yang dilakukan pada perangkat seperti proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program akan semakin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut.

Rom_

Sedangkan ROM (Read Only Memory) adalah memori non-volatile atau perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan perintah data secara tetap. Hal ini tidak lepas dari fungsi ROM untuk menyiimpan data yang bersifat permanen. atau ROM digunakan saat kamu hendak menyimpan data atau file seperti dokumen, foto, video ke dalam perangkat tersebut.

Setelah memahami pengertian dasar dari RAM dan ROM, tentu Anda sudah memiliki gambaran dari fungsi RAM dan ROM baik pada smartphone atau komputer dan laptop. Ada sejumlah hal mendasar yang membedakan antara RAM dan ROM, antara lain:

- Kapasitas

RAM memiliki kapasitas dengan ukuran mulai dari MB hingga GB dan khusus pada komputer atau laptop, RAM juga dapat ditingkatkan kapasitasnya. Sedangkan pada smartphone, biasanya RAM sudah sesuai dengan spesifikasi dari produsen dan tidak bisa ditambahkan.Beberapa smartphone memiliki RAM hingga 6 GB, 8 GB bahkan hingga 12GB. Sedangkan pada laptop atau komputer ukuran RAM mulai dari 4 GB, 8 GB, hingga 128 GB dan lebih tergantung kustomisasi.Berbeda dengan ROM, ROM biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih besar karena digunakan untuk menyimpan data. Pada smartphone, ukuran ROM bervariasi mulai dari 64 GB, 128 GB, atau 256 GB misalnya.Pada komputer atau laptop, ukuran ROM sering disamakan dengan kapasitas storage atau besar harddisk yang digunakan. Pada harddisk biasanya ukuran penyimpanan seperti 1TB, 2TB.

Demikian penjelasan tentang perbedaan dari Ram dan Rom. Dengan memahami perbedaan antara keduanya, kamu dapat lebih mudah menentukan spesifikasi dari smartphone atau laptop dan komputer yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Load comments

0 Comments