Manakah yang Lebih Penting Jumlah Thread atau Jumlah Core pada Processor

Manakah yang Lebih Penting..!
Diperhatikan Thread atau Jumlah Core?
 Octa Core 2.0 GHz


CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit. CPU atau processor ini sudah mengalami perjalanan yang cukup panjang sehak pertama kali mereka dirilis. Jika menilik kembali pada tahun 2000, tepatnya pada saat peluncuran intel pentium 4, saat itu kecepatan processor hanya 1.5 GHz. Anda harus menunggu hingga tahun 2005 untuk melihat kembali peluncuran procesor intel dual core dengan kecepatan lebih tinggi.

Manakah yang Lebih Penting Diperhatikan Thread atau Jumlah Core?

Hingga tahun 2005, kekuatan single core masih diandalkan hampir semua jenis processor. Saat itu, processor dengan clockspeed besar yang menjadi idola dan menguasai pasaran. Namun semenjak processor dual core hadir, processor yang memiliki banyak core dinilai memiliki kekuatan tersendiri. Tak hanya itu, processor multi core juga dijadikan sebagai poros kekuatan untuk berbagai aplikasi berat yang juga memerlukan kinerja tambahan.

Processot multi core semakin digemari karena adanya keterbatasan processor single core yang semakin sulit untuk menaikkan clock speed dan beberapa keterbatasa teknologi. Core atau inti merupakan sebuah unit pengolahan tunggal. Processor multi core ini memiliki beberapa unit pemrosesan. Untuk processor dual core 3.0 GHz ini berarti processor memiliki dua unit pengolahan dengan masing-masing pengolahan memiliki clock speed 3.0 GHz.

Perbedaan Core dan Threads

Threading merupakan kemampuan sebuah aplikasi atau sistem operasi yang dapat memanfaatkan beberapa core untuk diproses secara bersamaan. Threading ini dapat memberikan sistem operasi Anda sebuah keuntungan yaitu memperoleh jumlah core maksimal. CPU dengan multithreading akan memiliki kinerja yang lebih hebat meski hanya menggunakan single core saja. Jika processor Anda memiliki lebih banyak core, maka dukungan threading juga akan semakin berkembang.

Namun jika diberi sebuah pilihan manakah yang lebih penting antara thread dan core, maka usahakan untuk membeli processor dengan jumlah thread lebih banyak. Hal ini dikarenakan meskipun banyaknya core dapat membantu meningkatkan energi, tapi jumlah core yang banyak juga memiliki beberapa kelemahan. Terkadang, processor dengan jumlah core lebih banyak dapat mengakibatkan memory lebih crowded karena semua core tersebut berjalan pada memory yang sama. Tak hanya itu, processor dengan jumlah core yang banyak juga akan memakan daya baterai semakin besar.

Oleh karena itu, thread menjadi bagian yang lebih penting diperhatikan dibandingkan dengan core. Thread akan memberikan kinerja optimal dengan memperoleh jumlah core maksimal. Akibatnya, CPU dengan multithreading tetap akan memiliki kinerja yang lebih hebat meski hanya menggunakan single core saja.

CORE VS THREADS  Mana yang lebih Baik


*** Fandi Media ***

0 Response to "Manakah yang Lebih Penting Jumlah Thread atau Jumlah Core pada Processor"

Post a Comment