Fitur dan Keunggulan Qualcomm Snapdragon 865

Fitur dan Keunggulan Qualcomm Snapdragon 865
Prosessor Gaming dari Qualcomm 2020

Chipset Qualcomm Snapdragon 865 hadir dengan fungsi utama untuk mendukung gaming, kamera, dan artificial intelligent atau AI pada smartphone. Peningkatan dari generasi sebelumnya yang menjadi keunggulan dari Snapdragon 865 antara lain adalah pada beberapa fitur dan kemampuan berikut.

Fitur dan Keunggulan Qualcomm Snapdragon 865

1. Teknologi Artificial Intelligence yang lebih baik
Chipset Snapdragon 865 sudah masuk dalam generasi ke-5 yang memiliki kemampuan AI 2 kali lebih baik dari generasi sebelumnya seperti Snapdragon 855. Performa AI untuk Snapdragon 865 mencapai 15 triliun operations per session. Teknologi tersebut membuat ponsel dapat bekerja lebih baik untuk memindai wajah dan suara. Bagi user yang mengunci ponsel dengan fitur pengenal wajah akan lebih cepat untuk membuka ponsel. 


2. Mendukung jaringan 5G
Berbeda dengan Snapdragon 855 atau di bawahnya yang tidak otomatis mendukung konektivitas 5G. Pada chipset Qualcomm Snapdragon 865 sudah dipasang modem khusus yaitu Snapdragon X55 5G yang terintegrasi untuk koneksi jaringan 5G. Jaringan nirkabel 5G merupakan teknologi terbaru yang lebih cepat dari jaringan 4G. Beberapa negara seperti di Eropa sudah mulai menggunakan teknologi 5G tersebut. Snapdragon 865 mendukung jaringan 5G dan dapat bekerja pada jaringan yang lebih rendah.  Snapdragon 865 juga dapat mendeteksi jaringan Wifi dengan lebih akurat. Kecepatan unduh menggunakan jaringan wifi mencapai 1,8Gbps. 

3. Fungsi gaming yang lebih baik
Qualcomm Snapdragon 865 menggunakan Kryo 585 dan Adreno 650 yang membuat performa lebih cepat. Meningkatkan kualitas grafis hingga 25% dari generasi sebelumnya. Fungsi untuk gaming pun dapat lebih cepat dengan Snapdragon 865. GPU Adreno 650 merupakan otak gaming terbaik yang dimiliki Qualcomm dan menjadi yang paling unggul dari generasi sebelumnya. Kemampuan refresh pada chipset ini mencapai 144Hz yang membuat ponsel dapat menampilkan grafis lebih baik. Bermain game pun akan lebih smooth tanpa adanya flicker. Teknologi Wi-fi 6 untuk kecepatan unduh maksimal akan membuat user lebih lancar saat bermain game online. 

4. Fungsi untuk kamera yang terbaik
Semua fungsi seperti kamera, gaming, dan multitasking dapat bekerja dengan lancar pada ponsel yang ditenagai Snapdragon 865. Dirancang dengan teknologi Qualcomm Spectra 480 CV-ISP, membuat chipset ini mampu memberikan fungsi kamera yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Snapragon 865 dapat menghasilkan kemampuan kamera hingga 200MP. Kemampuan yang lebih unggul dari generasi sebelumnya yang hanya mampu mencapai 48MP. Selain untuk fungsi kamera, teknologi ISP pada Snapdragon 865 ini membuat baterai ponsel tidak cepat habis. Teknologi tersebut membantu power saving hingga 16 persen.

Itulah beberapa keunggulan dari Qualcomm Snapdragon 865 dibandingkan versi sebelumnya. Snapdragon 865 juga memiliki varian upgrade yaitu Snapdragon 865+ dengan peningkatan pada GPU dan jumlah clock CPU. 

*** Fandi Media ***

0 Response to "Fitur dan Keunggulan Qualcomm Snapdragon 865"

Post a comment